Indonesia Menang, Malaysia yang Juara




Indonesia berhasil memenangi final Piala AFF leg kedua. Menghadapi Malaysia hari Rabu, 29 Desember 2010, Merah Putih menang 2-1.

Sayang kemenangan ini tak cukup untuk membawa tuan rumah merebut trofi AFF untuk pertama kalinya. Skor 2-1 di pertandingan malam ini menjadikan agregat menjadi 2-4. Di leg pertama, pasukan Alfred Riedl kalah 0-3.

Indonesia di leg kedua ini kebobolan lebih dulu. Di menit 56, umpan panjang yang didapatkan oleh Mohd Safee bin Mohd Sali berhasil ia konfersikan menjadi gol dengan menjebol gawang Markus Horison.

Gol yang dinanti lebih dari 200 juta penduduk Indonesia ke gawang Malaysia akhirnya hadir di menit 71. Gol ini mengubah skor menjadi 1-1.

Gol dicetak oleh M Nasuha. Ia menyambar bola muntah tendangan Ahmad Bustomi yang gagal diamankan dengan sempurna oleh kiper Malaysia.

Sayang di sisa pertandingan cuma satu gol tambahan yang bisa dicetak Christian Gonzales dan kawan-kawan. Menit 87, penetrasi M Ridwan di sisi kiri pertahanan lawan ia selesaikan dengan sebuah tendangan keras. Bola membentur kepala seorang pemain bertahan Malaysia dan masuk ke gawangnya sendiri. Skor akhir 0-1.

Ini adalah sukses pertama Malaysia menjadi juara Piala AFF. Sebelumnya Malaysia sudah sekali masuk final di tahun 1996. Sedangkan Indonesia masuk final empat kali tanpa pernah juara.

Sumber

Baca juga yang ini:

=-=-=-=-=Berlangganan Artikel=-=-=-=-=

Masukkan Alamat Email Anda:

Delivered by FeedBurner

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More