Pecahnya Tiga Band Besar Tanah Air 2010




Tahun 2010 merupakan tahun yang penuh ujian bagi para musisi Indonesia. Banyak cobaan yang membuat band akhirnya mengganti personel atau bahkan ada yang sampai vakum.

Banyak faktor yang menyebabkan vakum atau pecahnya band, dari sang vokalis yang terjerat narkoba hingga pembagian rezeki yang tidak merata.

Berikut daftar band yang mengalami perpecahan tersebut:

Radja
Band yang digawangi Ian Kasela (vokal), Moldy (gitar), Seno (drum) dan Indra (bass) ini didirikan pada tanggal 17 Maret 2001. Hingga awal 2010, Radja sudah memiliki tujuh album. Namun sekitar bulan April 2010, Indonesia dikejutkan dengan berita bubarnya band tersebut.

Kabar bubarnya Radja diduga karena dua orang personelnya, Seno dan Indra telah menyatakan diri untuk keluar dari Radja. Keluarnya dua orang tersebut dikarenakan sudah tidak adanya kesamaan visi serta mereka tidak puas dengan manajemen yang selama ini menaungi Radja.

Namun dua orang personel yang tersisa lainnya Ian dan Moldy menegaskan Radja tidak bubar meskipun telah ditinggalkan personelnya. Mereka bahkan mengumumkan akan melakukan tur Malaysia untuk menampik gosip tersebut, namun dengan bantuan additional player.

Kini formasi mereka telah lengkap kembali dengan kehadiran memiliki tiga personil baru yaitu Vidin (drum), Aldi (keyboard), dan Ozi (bas) menemani Ian dan Moldy. Dan pada awal September 2010, Radja mengadakan syuting video klip untuk single lagu terbaru mereka yang berjudul Kegagalan Cinta dalam album yang akan segera rilis.

Kerispatih

Sejak ditangkapnya Sammy pada 2 Februari 2010 karena kasus narkoba, otomatis membuat posisi vokal di Kerispatih kosong dan band ini jadi susah untuk bergerak. Kerispatih sempat kehilangan arah karena mereka tidak tahu lagi harus berbuat apa tanpa Sammy.

Ketiadaan Sammy, diakui sangat berat bagi band yang terbentuk pada 21 April 2003. Karena mereka mengakui karakter vokal Sammy sangat spesial dan berbeda dengan band-band lainnya, sebab itu Kerispatih sempat dikabarkan bubar jalan.

Badai pentolan Kerispatih membantah jika Kerispatih dinyatakan bubar. Sammy pada akhirnya memang dipecat dari Kerispatih, mereka mengatakan alasannya bukan hanya karena narkoba tapi karena selama ini Sammy dinilai indisipliner parah, kurang bertanggung jawab terhadap band, terutama attitude terhadap EO (event organizer), dan media.

Namun setelah pemecatan tersebut, Kerispatih berusaha mencari pengganti Sammy dengan mengadakan audisi dan terpilihnya Fandi. Meskipun demikian, Badai mengaku dia tidak mencari pengganti yang jenis vokalnya sama dengan Sammy. Karena baginya Sammy tak akan tergantikan.

Dewa
Jarangnya Dewa berseliweran di panggung hiburan saat ini disebabkan karena Dewa akan bubar. Terlebih lagi karena ada rumor yang mengatakan Once telah hengkang dari band asal Surabaya itu.

Hengkangnya Once dari Dewa mulai santer terdengar sekitar bulan September 2010 lalu dan menjadi perbincangan hangat dikalangan musisi tanah air. Banyak yang menyayangkan jika akhirnya band ini harus bubar karena Dewa terhitung sebagai band papan atas dengan jam terbang yang sangat tinggi.

Pernyataan yang dilontarkan oleh Dhani pun semakin menegaskan jika Dewa nasibnya sedang berada di ujung tanduk. Dia mengakui bahwa Dewa memang tengah berada di persimpangan. Dan seandainya Once memang hengkang dari Dewa, Dhani akan membekukan Dewa hingga batas waktu yang tidak ditentukan. Namun mantan suami pencipta lagu, produser musik, dan penyanyi Maia Estianty tersebut tidak berniat membubarkan Dewa 19.

Sumber

Baca juga yang ini:

=-=-=-=-=Berlangganan Artikel=-=-=-=-=

Masukkan Alamat Email Anda:

Delivered by FeedBurner

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More