Kilas Balik 2010 dibidang Teknologi




bergerak cepat. Gadget baru bermunculan. Tahun 2010 ditandai dengan lahirnya komputer tablet dari Apple, iPad. Sebanyak 3 juta unit iPad langsung ludes dalam 80 hari sejak kelahirannya April 2010.
Kemunculan iPad juga memicu para pesaing untuk meluncurkan produk serupa, sebut saja Galaxy Tab yang membuat orang antre berjam-jam di Senayan City. Belum selesai euforia iPad, Apple kembali meluncurkan iPhone 4. Telepon genggam pintar ini punya aplikasi baru yang membuat orang tergoda, faceTime, aplikasi video-calling sesama pengguna iPhone. Berikut beberapa gadget dan peristiwa tekno yang mencuri perhatian tahun ini.

Apple Luncurkan iPad
iPad dinobatkan sebagai komputer terpopuler oleh situs gadget Pocket Lint. iPad adalah komputer tablet yang didesain dan dikembangkan oleh Apple. Dia dipasarkan sebagai platform bagi media audio dan visual seperti buku, majalah, film, musik, game, serta konten web. Dengan berat sekitar 680 gram, ukuran dan beratnya antara ponsel cerdas dan laptop. Apple merilis iPad pada April 2010 dan terjual 3 juta unit dalam 80 hari.

Menurut laporan yang dikeluarkan Strategy Analytics, iPad telah meraih 95 persen pangsa pasar PC Tablet di akhir kuartal kedua 2010. Dan selama kuartal kedua 2010 Apple menjual 4,19 juta iPad di seluruh dunia.

iPad menggunakan sistem operasi yang sama dengan iPod Touch dan iPhone. Dia dapat menjalankan aplikasinya sendiri serta aplikasi yang dikembangkan untuk iPhone. Tanpa modifikasi, dia hanya akan menjalankan program yang disetujui Apple dan didistribusikan melalui toko onlinenya.

Seperti iPhone dan iPod Touch, iPad dikendalikan dengan layar multitouch - suatu terobosan dari kebanyakan komputer tablet sebelumnya yang menggunakan pena yang ditekan. iPad menggunakan koneksi data Wi-Fi untuk berselancar di Internet, menjalankan media, dan menginstal perangkat lunak. Beberapa model juga memiliki koneksi data wireless 3G.

Gelombang Kedua Tablet
IPad Apple begitu menghentak sehingga hampir setiap perusahaan elektronik dikabarkan akan membuat tablet mereka sendiri. Selain Samsung Galaxy Tab, tidak ada pesaing serius untuk Apple iPad tahun ini. Tentu saja, banyak perusahaan telah mengumumkan bahwa mereka akan merilis tablet pada tahun 2011.

iPhone 4
Konsumen menanti-nantikan sebuah iPhone baru, namun tidak ada yang mengetahui kapan keluarnya. Reputasi Apple dalam menjaga kerahasiaannya dihadapkan pada heboh besar ketika iPhone4 bocor pada bulan April-dua bulan sebelum peluncuran resmi. Ketika pertama melihatnya, desain iPhone baru membuat orang-orang tergila-gila. Setelah dirilis, desainnya kembali menjadi  berita, tapi kali ini untuk "Antennagate."

Di Jakarta penjualan iPhone 4 mulai dibuka Jumat (17/12). Sejak dibuka pukul 10.00, pembeli baru mendapatkan iPhone setelah antre lebih dari 3 jam.  Sebelumnya PT Telekomukasi Selular (Telkomsel) mengumumkan penjualan iPhone 4 di 12 kota besar. Penjualan serentak dilaksanakan di Jakarta dan Surabaya. Harga iphone 4 dibundling dengan layanan data mulai Rp 6,99 juta untuk kapasitas 16GB. Sedangkan untuk kapasitas 32 GB seharga Rp 8,9 jutaan.

Kesuksesan Apple's App Store
Toko Aplikasi Apple, sebuah layanan yang memungkinkan pengguna untuk berselancar dan mengunduh aplikasi yang dikembangkan oleh individu dan perusahaan, diluncurkan pada tahun 2008. Tapi ini adalah tahun yang membuat kekuatannya diketahui. Dengan perangkat iPhone dan iPod Touch yang terus membanjiri pasar - dan sekarang konsumen memiliki iPad - penjualan dan penawaran di App Store telah tumbuh secara eksponensial. Hingga 20 Oktober tahun ini, lebih dari 300 ribu aplikasi di toko itu telah diunduh lebih dari tujuh miliar kali. Pada bulan Oktober, Apple mengumumkan pengembangan Mac App Store untuk aplikasi komputer Mac.

WikiLeaks
Pada tahun 2010, WikiLeaks membuktikan ide bahwa teknologi telah memungkinkan semua informasi menyebar dengan cepat dan luas, bahkan jika diberi label rahasia oleh pemerintah. WikiLeaks merilis tiga set informasi tentang tindakan Amerika di luar negeri. Awal tahun ini, mereka merilis  dokumen tentang perang Irak dan Afghanistan ke publik. Kemudian, awal bulan lalu, organisasi ini mulai merilis kabel diplomatik Departemen Luar Negeri AS, yang mengarah ke penangkapan Assange. Kasus Cablegate merupakan pertama kalinya info perang dapat dilihat publik.

Tahun Mesoblog
Jika 2009 adalah tahun bangkitnya microblogging, maka 2010 adalah tahun di mana layanan mesoblogging seperti Tumblr dan Posterous membuat kehadiran mereka terasa. Memposisikan diri antara sistem manajemen konten berat seperti Wordpress dan Twitter yang berkarakter 140, kedua layanan memberikan ruang bagi pengguna seperti blog, tapi mempertahankan kemudahan penggunaan dan kecepatan Twitter.

Kebangkitan Penjualan E-Reader 
Berbagai kritik telah lama memprediksi berakhirnya bisnis penerbitan buku tradisional, tapi baru pada akhir tahun kita memiliki berbagai perangkat yang dapat berfungsi sebagai katalisator untuk revolusi itu. Kindle dari Amazon terlibat perang harga dengan Barnes & Noble's Nook - sebuah perangkat yang baru saja dirilis setahun yang lalu dan sekarang dapat ditemukan di kios khusus - yang mendorong turunnya harga e-buku. Aplikasi iBooks pada iPad,  Reader pada Sony dan Kobo eReader adalah pemain lain di pasaran.
Kindle sendiri menjadi perangkat paling populer di 2010 menurut situs gadget Pocket Lint. Aplikasi Kindle populer karena memungkinkan pengguna melakukan sinkronisasi antara daftar buku virtual mereka ke berbagai perangkat seperti iPhone atau komputer rumah.

Merebaknya Layanan Berbasis Lokasi
Dengan berbagai perbaikan dalam teknologi penentuan posisi dan permintaan potensial menyusul keberhasilan Foursquare, layanan berbasis lokasi (Loopt, Google Maps, Facebook Places) diharapkan untuk mendatangkan pendapatan hampir US$ 13 miliar pada tahun 2014, menurut laporan dari Juniper Research. Tahun 2010 membuktikan bahwa layanan berbasis lokasi menarik audiens. Arah perkembangannya menunjukkan layanan ini bisa menjadi pintu masuk aplikasi reality tambahan yang ditunggu-tunggu.

Inovasi Kinect
Dikembangkan selama bertahun-tahun oleh Microsoft, Kinect, sistem permainan berbasis webcam, terjual lebih cepat dari iPad setelah dirilis pada awal November. Serangkaian sensor dibangun menjadi sebuah perangkat yang mengawasi setiap langkah Anda dan menerjemahkan mereka ke dalam gerakan avatar di layar. Kinect dianggap sebagai inovasi terbaik tahun ini menurut situs gadget Pocket Lint berdasarkan keputusan panel ahli dan ribuan suara publik.

Baca juga yang ini:

=-=-=-=-=Berlangganan Artikel=-=-=-=-=

Masukkan Alamat Email Anda:

Delivered by FeedBurner

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More